Jumat, 26 September 2014

Kisi Kisi UN Biologi 2015

BIOLOGI SMA/MA (PROGRAM IPA) 
 
NO  KOMPETENSI   INDIKATOR 
1.   Memahami hakikat biologi sebagai 
ilmu dan mendeskripsikan objek 
permasalahan biologi melalui metode 
ilmiah. 
Menjelaskan objek dan permasalahan Biologi. 
Menjelaskan peran Virus, Archaebacteria dan 
Eubacteria bagi kehidupan manusia. 
Mengidentifikasi ciri-ciri/peran  kelompok jamur dan 
protista (jamur, protista, protozoa, alga). 
Menentukan dasar pengelompokan mahluk hidup. 
Menjelaskan upaya pelestarian sumber daya alam 
tertentu. 
Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok tumbuhan. 
Mengidentifikasi cara perkembangbiakan hewan  
invertebrata. 
2.  Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup 
dan klasifikasinya, peranan 
keanekaragaman hayati bagi 
kehidupan dan upaya pelestariannya. 
Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok hewan 
vertebrata. 
Menganalisis hubungan antarkomponen dan aliran 
energi dalam suatu ekosistem. 
Menjelaskan proses yang terjadi pada daur 
biogeokimia.  
3. Menganalisis hubungan antara 
komponen ekosistem, perubahan 
materi dan energi serta peran manusia 
dalam keseimbangan ekosistem. 
Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia 
dengan masalah perubahan/pencemaran lingkungan . 
Menjelaskan struktur sel dan komponen kimiawinya, 
serta proses yang terjadi pada sel.  
Menjelaskan fungsi organel sel pada tumbuhan dan 
hewan. 
4.  Menjelaskan struktur dan fungsi sel 
serta mengaitkannya dengan struktur 
dan fungsi jaringan. 
Menjelaskan sifat,ciri-ciri dan fungsi jaringan pada 
tumbuhan dan hewan.   
Menjelaskan mekanisme gerak otot/sendi/penyakit 
pada sistem gerak pada manusia. 
Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia 
dan gangguannya. 
Menjelaskan sistem pencernaan makanan pada 
manusia dan gangguannya. 
Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia dan 
gangguannya. 
Menjelaskan sistem ekskresi pada manusia dan  
gangguannya. 
Menjelaskan sistem regulasi (saraf, endokrin dan 
pengindraan) pada manusia.  
Menjelaskan sistem reproduksi manusia dan proses 
pembentukan sel kelamin. 
5.  Menjelaskan struktur dan fungsi 
sistem organ manusia serta 
kelainan/penyakit yang mungkin 
terjadi pada organ tersebut. 
Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh  
6. Menjelaskan faktor-faktor yang 
mempengaruhi proses pertumbuhan 
Menginterpretasi hasil percobaan pertumbuhan dan 
perkembangan tumbuhan. Kompetensi–Standar Isi–2012-2013  35
NO  KOMPETENSI   INDIKATOR 
dan perkembangan yang terjadi pada 
tumbuhan melalui hasil percobaan 
atau pengamatan. 
 
Menjelaskan ciri-ciri dan cara kerja dari faktor-faktor 
yang dapat mempengaruhi kerja enzim. 
Menjelaskan proses katabolisme karbohidrat. 
Menjelaskan zat yang dikeluarkan/dihasilkan pada 
proses respirasi aerob. 
Menjelaskan tahapan proses anabolisme (fotosintesis) 
pada tumbuhan. 
7.  Mendeskripsikan proses metabolisme  
karbohidrat dan kemosintesis. 
Menjelaskan proses kemosintesis/respirasi anaerob. 
Menjelaskan  susunan nukleotida DNA, RNA, atau 
kromosom. 
Menjelaskan proses sintesis protein. 
Mengidentifikasi tahap-tahap pembelahan 
mitosis/meiosis/gametogenesis. 
Menginterpretasikan persilangan berdasarkan hukum 
Mendel.  
Menginterpretasi persilangan pada penyimpangan 
semu hukum Mendel. 
Mengidentifikasi pewarisan cacat/penyakit menurun 
pada manusia. 
8.  Memahami konsep dasar hereditas, 
reproduksi sel, penerapan prinsip-
prinsip hereditas dan peristiwa mutasi.
Menjelaskan  peristiwa mutasi.  
Menjelaskan teori asal-usul kehidupan dan 
pembuktiannya. 
9.  Menjelaskan teori evolusi dan 
implikasi pada perkembangan sains. 
Menjelaskan prinsip-prinsip penting pada  evolusi. 
Menjelaskan prinsip dasar bioteknologi. 
Menjelaskan contoh aplikasi bioteknologi 
konvensional/ modern. 
10.  Menjelaskan prinsip-prinsip dan 
aplikasi bioteknologi   
Menjelaskan dampak aplikasi bioteknologi bagi 
masyarakat dan lingkungan. 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

0 komentar:

Posting Komentar